Bumdes Semesta Mandiri Bersama, Bantu Warga Cicil Barang Hingga Transaksi Keuangan via BRILink

  • Bagikan

Fajar.co.id, Gowa -- Kantor Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terlihat cukup ramai pagi itu, Jumat, 15 Maret 2024.

Tampak seorang Babinsa dan seorang Babinkamtibmas baru saja keluar dari kantor tersebut. Sementara di halaman kantor, beberapa warga sedang duduk di teras. Seolah sedang menunggu giliran masuk.

"Saya kebetulan sedang mengurus surat-surat. Sedang ada program pemerintah," kata Dira, salah seorang warga desa. Seorang perangkat desa kemudian mengarahkannya untuk menandatangani beberapa lembar kertas.

Pada bangunan sebelah, masih dalam area kantor desa itu, terlihat aktivitas lain yang juga cukup ramai. Tampak jelas bangunan itu adalah Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa.

Dua orang warga baru saja masuk di situ. Ada dua perempuan yang melayani mereka.

Nurhikmah, salah satu staf Bumdes tampak sibuk melayani seorang emak-emak. Dia ditemani rekannya, Nurfadila.

Bumdes Semesta Mandiri Bersama. Demikian nama Bumdes di Desa Timbuseng ini. Dengan ramah dan bersahabat, Nurhikmah menyampaikan ihwal Bumdes. "Pengurus Bumdes ada 3 orang. Karyawan 4 orang," bebernya.

Agen BRILink, kata dia, adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari Bumdes. "Sebagai agen BRILink nama yang tertera juga Bumdes Semesta Mandiri Bersama," katanya lagi.

Agen BRILink Bumdes, lanjut Nurhikmah, mulai ada sejak 2018. Sebanyak 600-an transaksi dalam sebulan. "Umumnya tarik tunai. Setor tunai juga ada," tambahnya.

Khusus transaksi BRILink, ada nasabah yang sampai mencairkan dana Rp20 juta. "Itu nilai transaksi yang paling banyak untuk saat ini," beber Nurhikmah.

  • Bagikan