Di Tengah Pandemi Covid-19, MIWF Memory Project Hadir Secara Virtual

Kamis, 25 Juni 2020 14:28
Belum ada gambar

Ilustrasi MIWF

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pandemi Covid-19 juga berdampak pada penundaan pagelaran literasi Makassar International Writers Festival (MIWF) edisi ke-10, yang sedianya diadakan 24–27 Juni 2020 di Fort Roterdam.

“Hal ini mendorong kami mengadakan kegiatan daring di platform Zoom dan Youtube yang diadakan mulai Juni 2020-Mei 2021 dengan nama MIWF MEMORY PROJECT yang berfokus pada keinginan MIWF membagi pengalaman dalam menyelenggarakan berbagai program festival. Kami tidak ingin bersedih di tengah pandemi dan bertekad menjadikan dua belas bulan mendatang sebagai sekolah bersama,” ungkap Direktur MIWF Lily Yulianti Farid.

Lily menyebutkan, pihaknya berharap teman-teman, relawan MIWF dan lembaga/komunitas yang menyelenggarakan kegiatan pertukaran intelektual, literasi baca tulis, dan kebudayaan dapat meluangkan waktu menghadiri kegiatan bulanan MIWF Memory Project untuk berjejaring dan berbagi pengalaman.

“Bagi teman-teman dan relawan yang ingin tetap saling terhubung dan bersinergi, MIWF Memory Project dapat menjadi pertemuan bulanan. Pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana mengadakan residensi, bagaimana mendapatkan mitra kerja di dalam dan luar negeri, bagaimana mengelola semangat kerja para relawan dapat kita jawab bersama. Kenangan-kenangan di sembilan edisi MIWF dapat menjadi pelajaran bersama,” ungkap Lily.

Lily menyebutkan, untuk edisi perdana MIWF Memory Project diadakan tanggal 27 dan 28 Juni 2020 di Youtube Rumata’ Artspace disiarkan secara daring melalui link: bit.ly/rumata_youtube.

“Kami membahas bagaimana program residensi dikembangkan di MIWF bekerja sama dengan British Council, bagaimana mempersiapkan pameran puisi Sapardi Djoko Damono pada MIWF 2017, bagaimana seluk beluk produksi musikalisasi puisi di Indonesia dengan melihat perjalanan AriReda dan tantangan menerbitkan buku di masa pandemi. Selanjutnya setiap bulan kami merancang pertemuan bulanan selama 11 bulan ke depan menuju MIWF Edisi ke-10 tahun depan,” jelas Lily.

Komentar

VIDEO TERKINI