Distribusi Gas Elpiji 3 Kg ke Sinjai Normal, Pemilik Pangkalan: Tidak Ada Pengurangan Jatah

Selasa, 12 Januari 2021 20:09

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Distribusi gas elpiji 3 Kg ke Sinjai masih normal. Sejauh ini tidak ada pengurangan jatah dari agen ke pangkalan.

Salah seorang pemilik Pangkalan Gas elpiji di jalan Persatuan Raya, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Fauzan mengaku, distribusi gas elpiji 3 Kg yang disalurkan oleh agen tetap berjalan lancar dan tidak ada pengurangan kuota.

Setiap hari dia mendapat kiriman dari agen PT Putra Sinbar sebanyak 100 tabung untuk dijual kepada konsumen atau warga. Dimana harga tabung dari agen Rp14 ribu lalu dijual Rp16 ribu per tabung ke konsumen sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Tiap malam mobil dari agen selalu datang dan tidak ada hambatan, jadi tidak betul kalau elpiji subsidi ini langka karena kami selalu menyediakan tiap hari,” ungkapnya, Selasa, (12/1/2021)

Oleh karena itu, Fauzan heran dengan isu kelangkaan elpiji di media sosial. Sebab sampai saat ini tidak ada hambatan dan pengurangan stok dalam penyaluran elpiji dari agen ke pangkalan.

Menurutnya, kondisi tersebut biasanya terjadi di tingkat pengecer dan sulit dikendalikan, karena tidak ada aturan yang mengatur harga di tingkat pengecer.

“Memang ada pengecer yang menjual harga hingga di atas Rp20 ribu per tabung dan ini memang agak kelewatan tapi kita tidak bisa mengatur mereka (pengecer), tapi besar harapan kami agar para pengecer tidak memainkan harga yang dapat meresahkan warga,” tuturnya.

Terkait dengan keresahan warga dengan melambungnya harga elpiji di pengecer tersebut, pihaknya ditunjuk sebagai pangkalan siaga oleh agen untuk menyalurkan gas elpiji kepada konsumen.

“Karena adanya keresahan warga terkait hal ini, jadi pada malam inibkami melayani konsumen dengan pembelian 1 tabung untuk 1 rumah tangga dan maksimal 2 tabung untuk pelaku usaha mikro kecil, kami melayani konsumen yang datang dengan menggunakan masker dan membawa uang pas yaitu 16 ribu rupiah,” ujarnya. (sir)

Komentar