Tanggul Menuju Waduk Nipa-nipa Solusi Banjir Antang

  • Bagikan

Rudy menerangkan, tim telah melakukan kajian. Berdasarkan hasil survei, awal, penampungan air atau drainase agak rendah. Makanya terhambat untuk dialirkan keluar ke arah Nipah-nipah. “Sehingga itu sudah tumpah ke sini. Jadi salah satunya kita adakan penanggulan dan mengarahkan air yang masuk untuk keluar,” paparnya.

Balang Tonjong Jauh

Pemkot Makassar fokus untuk penanganan banjir di blok 8 dan 10 Perumnas Antang. Opsi untuk menghubungkan saluran ke Danau Balang Tonjong sulit dilakukan.

Kepala Bidang PSDA dan Drainase Dinas PU Makassar, Syafar Madjid mengungkapkan, jarak terdekat untuk pembuatan saluran pembuangan utama terdapat di Nipa-nipa.

“Paling dekat kalau ke Nipa-nipa. Kalau ke Balang Tonjong terlalu jauh,” katanya.Pembangunan tanggul yang terhubung di Nipa-nipa menjadi hal yang realistis. Kata Syafar, sisa memaksimalkan perencanaan yang juga mesti melibatkan tim ahli. Di mana provinsi juga mesti hadir.

Sementara itu intensitas hujan yang diprediksi akan terus meningkat membuat pemkot harus mengambil langkah antisipasi. Seperti lokasi pengungsian, makanan, obat-obatan, dan kebutuhan mendesak lainnya.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, harus ada langkah jangka pendek. Seperti mengerahkan struktur pemerintahan di tingkat kecamatan untuk selalu mengingatkan warganya akan potensi banjir.

“Bahwa yang utama adalah keselamatan, kita antisipasi titik-titik pengungsian. Kita siapkan yang mampu menampung warga. Termasuk memperhatikan faktor kesehatan karena masih masa pandemi,” katanya. (rdi/iad)

  • Bagikan