Dewan Minta PU Kebut Pemeliharan Jalan

Rabu, 10 Februari 2021 11:00

Pengendara melintasi jalan berlubang di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Selasa, 9 Februari. Kondisi jalan yang rusak dan berlubang tersebut disebabkan intensitas hujan yang tinggi. (TAWAKKAL/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemeliharaan jalan berlubang di Kota Makassar sudah mendesak. Pemkot Makassar diminta tak menunda pengerjaan.

Ketua Komisi C DPRD Makassar, Abdi Asmara mengatakan, musim hujan sudah mulai berlalu. Sudah semestinya program pemeliharaan jalan dilakukan. Khususnya untuk jalan-jalan berlubang.

“Kemarin memang sulit dikerjakan dalam hujan, tetapi sekarang saya lihat sudah mulai lagi memasuki kemaru. Jadi mesti segera dikerjakan itu, jangan ditunda lagi,” ujarnya, Senin, 8 Februari.

Dia mengungkapkan, pemkot sudah melakukan pemetaan jalan-jalan mana saja yang perlu pemeliharaan. Pihaknya juga sudah meminta ada persiapan, setelah musim hujan usai, sebab pasti akan lebih banyak jalan yang rusak.

“Makanya perlu segera ada perbaikan di jalan berlubang. Kalau dibiarkan itu berbahaya, bisa menyebabkan kecelakaan. Tentu kita tidak menginginkan itu terjadi,” desaknya.

Legislator Partai Demokrat itu menambahkan, sudah ada anggaran untuk pemeliharaan jalan. Angggaran itu pun diharapkan bisa dimaksimalkan. “Kalau sudah diprogramkan maka harus dikerjakan,” sambungnya.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis mengatakan, saat ini mereka sudah mulai melakukan pemeliharaan. Khususnya di Jl Metro Tanjung Bunga yang paling banyak dikeluhkan masyarakat.

Hanya saja, pemeliharaan tersebut belum pada tahap pengaspalan. Masih ditambal menggunakan paving blok dahulu. Mereka masih mengantisipasi hujan mengguyur saat pengaspalan dilakukan.

“Di Jl Metro Tanjung Bunga sudah dua atau tiga pekan kita lakukan penambalan. Untuk sementara kita antisipasi lubang-lubang besar menggunakan paving blok,” ungkapnya.

Darlis menyebut jika cuaca sudah betul-betul mendukung maka pengaspalan sudah bisa dilakukan. Katanya, jika dikerjakan saat kondisi jalan sedang basah maka kekuatannya bisa menurun.

Komentar

VIDEO TERKINI