Sosialisasi Vaksin, Legislator PAN: Libatkan Tokoh Masyarakat Level Bawah

Selasa, 23 Februari 2021 19:11

Ashabul Kahfi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Anggota Komisi IX DPR RI, Ashabul Kahfi berharap pelaksanaan vaksinasi tahap dua di Sulawesi Selatan bisa berlangsung maksimal. Pelibatan tokoh masyarakat di level bawah, kata dia, penting untuk mengedukasi masyarakat tujuan dan manfaat vaksin Sinovac.

“Memang tugas terberat saat ini adalah Komunikasi ke masyarakat. Karenanya saya berharap ada pelibatan tokoh masyarakat di level bawah,” kata Legislator asal Sulsel itu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021).

Pelibatan tokoh masyarakat tersebut, kata dia, bisa menjadi pendorong warga, khususnya kelompok lanjut usia, untuk lebih berani menerima vaksin. Sebab, partisipasi masyarakat dibutuhkan demi suksesnya program tersebut.

“Strategi komunikasi melalui media massa maupun media sosial perlu diintensifkan. Khususnya membendung berita-berita hoaks seputar vaksin,” ujarnya.

“Saya berharap masyarakat berpartisipasi mendukung vaksinasi ini. Secara agama, sudah dihalalkan MUI. Secara keamanan dan khasiat sudah dijamin BPOM,” sambungnya.

Ia menjelaskan, suksesnya vaksinasi berpatok pada tingginya partisipasi masyarakat. Targetnya agar bisa tercapai herd immunity atau kekebalan kelompok, setidaknya ada 70 persen populasi yang divaksin atau kebal dari Covid-19.

Diketahui, pendistribusian vaksin Sinovac terus dilakukan. Tahap kedua vaksinasi ini memprioritaskan kelompok lansia dan pelayan publik. Di Sulawesi Selatan sendiri, 15.640 vaksin dijadwalkan tiba di Makassar Rabu besok.

Total ada 1.428.522 warga Sulsel yang menjadi sasaran pemberian vaksin. Diantara target sasaran itu sebanyak 754.302 adalah kelompok lansia, pendidik 214.746, hingga pedagang pasar 158.702. (mg9/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI