Masa Pandemi, Titik Layanan Imigrasi Diperbanyak

  • Bagikan

Khusus Kanim Makassar yang telah meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kemenpan RB berkat salah satu inovasinya yaitu inovasi Kaisar Mandala (Kantor Imigrasi Makassar Melayani Anda Pada Hari Libur Anda), mereka telah melakukan dua kali pelayanan di Unit Layanan Paspor (ULP Alauddin) dan di Kanim sendiri di daerah Daya-Kota Makassar.

Pelayanan di luar hari kerja ini, mendapat respon yang baik dari masyarakat karena mereka yang tidak sempat berurusan dengan imigrasi pada hari kerja, kebutuhan pelayanan paspornya dapat terpenuhi. Respon terhadap Pelayanan Eazy Passport juga tinggi karena masyarakat tidak harus datang jauh-jauh ke kantor imigrasi, cukup berkumpul di daerahnya dan imigrasi datang melayani.

Dodi melanjutkan bahwa dalam LTSA tersebut di atas, nanti akan hadir antara lain layanan perbankan (Bank Sulselbar), BPJS Ketenagakerjaan, Dinas DUKCAPIL dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi maupun Kota Parepare serta Dinas Kesehatan sehingga prosedur pemenuhan persyaratan untuk PMI sampai mendapatkan paspor; dapat diselesaikan dalam satu tempat. Harapan kami ke depan, bahwa keberangkatan PMI tujuan Negara Bagian Sabah-Malaysia Timur, dapat dilakukan langsung dari Pelabuhan Laut Parepare sehingga para calon PMI benar-benar sangat diuntungkan dengan adanya pelayanan yang efisien.

Bagi Imigrasi sendiri, pemeriksaan keberangkatan PMI ke luar negeri bukan merupakan hal yang baru karena selama ini imigrasi selalu melayani pemeriksaan keluar masuk orang yang berada di dalam kapal barang internasional termasuk pemeriksaan untuk mendapatkan pemberian izin masuk/izin berangkat turis-turis asing pada kapal turis yang berlabuh di Pelabuhan Parepare. (rls)

  • Bagikan