Ziarah Kubur, Sunnah Baik yang Dibiasakan Keluarga Besar Bupati Barru

Minggu, 16 Mei 2021 21:33

FAJAR.CO.ID, BARRU–Ziarah Kubur sebagai rangkaian mengisi Moment Lebaran merupakan hal yang jadi bagian tradisi di masyarakat Bugis Barru yang juga banyak dilakukan oleh sebagian besar umat muslim lainnya.

Demikian pula, Keluarga Besar Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si bersama istrinya Legislator DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam MARS, yang berziarah ke tiga kompleks pemakaman Keluarga, di Balusu, Ajakkang dan Takkalasi, sepagi tadi, Ahad (16/5/2021).

“Ziarah kubur disunnahkan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, sekaligus untuk memberitahu anak cucu dari mana asal, merunut silsilah, serta mendoakan Kakek Nenek dan Kerabat yang duluan berpulang,” sebut Bupati Barru Suardi Saleh yang nampak dibersamai oleh anak, menantu, dan cucunya, termasuk Kabag Umum Setda Andi Rusman Rustam, S.STP, M.Si.

Salah satu tradisi baik dan disunnahkan ini dilakukan Keluarga Tersohor Barru ini, dimakam Kedua Orang Tua Bupati Suardi Saleh dan Almarhum Ayah “Bu Dokter”, serta beberapa kerabatnya.

Suardi Saleh nampak sesekali menjelaskan serta mengenang riwayat serta membersihkan pusara yang dikunjungi.

Sebagai perjalanan spritual yang membangun jiwa, membangkitkan kenangan, serta mengingatkan akan kematian, “Nyekar” adalah kebiasaan baik yang mengandung banyak manfaat dan dicontohkan oleh Bupati Barru. (rls/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI