KKP Mulai Susun Perencanaan Kawasan Strategis Nasional di Parepare

  • Bagikan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah guna merumuskan isu-isu strategis nasional dan permasalahan pengembangan kawasan, obyek/kegiatan bernilai penting dan strategis nasional yang akan dipertimbangkan di KSN Parepare, masukan terhadap tujuan, kebijakan dan strategi pengembangan KSN Parepare, verifikasi data penyusunan Materi Teknis Ruang Perairan KSN Parepare, dan overview hasil survei lapangan.

Sesi pemaparan dimulai oleh Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulsel, Dr. Andi Yurnita, ST., M.Si. yang menjelaskan tentang Kebijakan Strategis Penataan Ruang di KSN Kawasan Parepare.

“Nilai strategis Parepare sebagai kawasan pengembangan ekonomi ialah posisinya yang strategis. Parepare menjadi salah satu penghubung kegiatan ekonomi dari Indonesia bagian Timur ke bagian Barat. Selain itu, kawasan Parepare dan sekitarnya mendukung kebutuhan ruang untuk implementasi kebijakan nasional seperti KEK (Kawasan Ekonomi Khusus), MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia), dan SISLOGNAS (Sistem Logistik Nasional)” tambah Andi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari Ir. Hardi Harris, MM. selaku Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, terkait aspek perikanan dan kelautan terhadap rencana pengembangan KSN Parepare.

“Program prioritas sektor KP meliputi pengembangan mina eduwisata dengan mendukung kebijakan prioritas multi stakeholder, inovasi teknologi budidaya udang windu, restrukturisasi armada perikanan dan alat tangkap modern, pengembangan pelabuhan perikanan, pengembangan altenatif usaha masyarakat pesisir, dan pengembangan kampung pembudidaya” jelas Hardi Harris.

  • Bagikan