Pembelajaran Daring, Dikhawatirkan Kualitas Pendidikan Menurun

Sabtu, 31 Juli 2021 15:55

Murid SD Inpres Bertingkat Watang Sawitto, Pinrang sedang menjalani proses belajar di sekolah secara terbatas

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di lingkungan pendidikan di Kabupaten Bone ditunda. Padahal,PTM rencananya akan digelar pada Senin, (26/7/2021) lalu. Penundaan itu, akibat perubahan status penyebaran Covid-19 dari zona kuning ke zona oranye.

Bupati Bone, Andi Fahsar M Padjalangi pun mengeluarkan surat edaran Nomor 188.6/2238/VII/Disdik, tanggal 21 Juli 2021 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Pendidikan Kabupaten Bone, dimana PTM sedianya akan dilaksanakan muli tanggal 26 Juli 2021, ditunda sampai dengan tanggal 7 Agustus 2021.

“Penundaan ini dilakukan akibat terjadinya perubahan status zona penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bone dari zona kuning ke zona orange, sesuai dengan data peta zona resiko Covid-19 yang diterbitkan oleh Komita Penanggulangan Covid-19 dan Penmulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) tanggal 23 Juli 2021,”demikian lanjutan surat edaran tersebut.

Pelaksanaan pembelajaran tetap dilanjutkan dengan pembelajaran non tatap muka dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Online Belajar Dari Rumah (BDR). SE ini juga disebut tetap akan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bone.

Sementara itu, Rektor Universitas Fajar (Unifa) Makassar, Dr. Muliyadi Hamid, SE, M.Si menilai, belum pasti kapan kondisi ini berakhir. Belum ada jaminan, PPKM level IV benar-benar berakhir sepekan lagi. Jika kondisi pandemi belum menurun, tentu saja besar kemungkinan implementasinya akan diperpanjang. “Dengan demikian, aktivitas PBM daring juga terus dilakoni. Kita berharap semua akan segera berakhir, ” bebernya.

Tahun ini merupakan tahun kedua proses penerimaan siswa baru terpaksa dilakukan dalam jaringan (daring). Termasuk proses PBM. Artinya ada dua angkatan siswa baru di semua tingkatan belum pernah mengalami PBM secara tatap muka di sekolah.

Komentar

VIDEO TERKINI