Padat Karya Bersih Laut, OP Makassar Libatkan 100 Orang Masyarakat Lae-lae

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Otoritas Pelabuhan Utama Makassar menggelar aksi bersih laut dan pantai di kawasan Breakwater Gusung Tallasa Pelabuhan Makassar, Sabtu (9/10/2021).

Bersih-bersih laut dan pantai yang dikemas dalam program padat karya ini melibatkan 100 pekerja berasal dari masyarakat kelurahan Lae-lae.

Dalam giat pelestarian laut ini, Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B Kady turut hadir. Politisi Golkar ini menyerahkan secara simbolis peralatan kebersihan kepada masyarakat.

"Di sini saya ingin mengecek fasilitas kepelabuhanan di Makassar. Salah satunya breakwater ini yang menggunakan anggaran pemerintah pusat," tutur Hamka dalam sambutannya.

Anggota Badan Anggaran DPR RI ini juga meminta kawasan breakwater atau penahan ombak ini dijaga dengan baik.

Ia bahkan mendorong Otoritas Pelabuhan mengajukan rincian anggaran untuk pemeliharaan fasilitas ini.

"Saya minta ini dijaga dengan baik. Jika belum ada anggaran biaya pemeliharaan, segera diajukan untuk dapat dialokasikan tahun 2022," ucapnya.

Menurutnya, penghalau ombak ini sangat penting. Termasuk dalam pemeliharaannya.

Sehingga ke depan masyarakat sekitar bisa diberdayakan untuk memastikan breakwater ini bersih dan tidak kumuh.

"Breakwater ini penting sekali. Anggarannya cukup besar. Harus dipelihara dengan baik. Tahun 2022 harus dimasukkan anggarannya. Sehingga tidak ada lagi pungutan-pungutan dan potensi merusak fasilitas ini," tegasnya lagi.

Hamka juga mengapresiasi giat padat karya yang melibatkan masyarakat sekitar.

Selain untuk kelestarian laut bebas dari sampah, juga memberikan bantuan langsung kepada masyarakat. Tujuannya meringankan beban masyarakat dalam kondisi pandemi, untuk menetralisir ekonomi, mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

  • Bagikan