Pemkot Makassar Gelontorkan Rp82,5 Juta untuk Hadiah Lomba UMKM

Selasa, 26 Oktober 2021 21:14

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemkot Makassar gelontorkan anggaran sebesar Rp82.500.000 untuk para pemenang lomba UMKM antara Kecamatan se-Kota Makassar, di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Sulsel, Selasa (26/10/2021).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Sri Sulsilawati, menyerahkan hadiah lomba UKM antar Kecamatan se-Kota Makassar.

Dikatakan, ada lima aspek yang dinilai dalam lomba UKM ini. Pertama, aspek legalitas. Kedua, aspek manajemen (baik itu manajemen pemasaran, maupun manajemen keuangan).

Ketiga, aspek strategi promosi (baik itu pemanfaatan sosial media atau pemanfaatan ikamers untuk menjual produk UMKM).

“Dan keempat, bermanfaat tidak produk UMKM dalam penyerapan/membuka lapangan kerja. Kelima, bagaimana UMKM ini bersinergi dengan aktivitas pariwisata sehingga bisa menciptakan lorong wisata,” jelasnya.

Mantan Kadis Ketahanan Pangan Kota Makassar itu menuturkan, UMKM membentuk kelompok yang disebut kelompok wirausaha bersama dan disahkan oleh lurah sebagai legalitas.

“Mereka dibina bagaimana bisa tumbuh dan berkembang, setelah ada pembinaan masuk dalam inkubator center UMKM jadi semua produknya masuk di situ, nanti di sanalah kita olah agar memiliki kualitas dan berdaya saing sehingga UMKM bisa naik kelas,” tukasnya.

Sri Susilawati mengatakan, diselenggarakanya UMKM lorong antar kecamatan ini adalah untuk menciptakan UMKM tangguh, andal dan berinovasi, mandiri dan profesional.

“Juga agar para pelaku UMKM memiliki daya saing dan kompetitif serta mampu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha khususnya teknologi digitalisasi UMKM,” katanya.

Dia menyebutkan, salah satu persyaratan menjadi lomba kemarin bagaimana penggunaan digitalisasi bagi UMKM yang membutuhkan.

“Jadi, penilaianya salah satunya bahwa UMKM tersebut sudah melek digitalisasi. Kita berharap bahwa dengan adanya lomba UKM ini maka rencana ke depan untuk pemerintah kota untuk membangun batas center UMKM itu bersinergi di mana umkm yang akan masuk yang sudah tumbuh dan berkembang,” harapnya. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI