Pemkot Anggarkan Rp36 Miliar untuk Pedestrian, Japparate dan Sudirman Loop Serta Koridor Landak Jadi Prioritas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menganggarkan Rp36.007.308.000 (Rp36 Miliar) dalam APBD 2022 untuk membangun sejumlah pedestrian di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pedestrian layang (Japparate), Koridor Landak dan Sudirman loop dalam rekap kegiatan jalan dan jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menjadi prioritas.

Kepala Bidang Pengembangan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis mengatakan, untuk Japparate dianggarkan Rp20.005.272.000 (Rp20 Miliar) tahap pertama.

“Ini nanti dari Mal Pipo ke Benteng Rotterdam. Tapi secara bertahap dibangun,” katanya, Selasa, (18/1/2022).

Sementara Koridor Landak yang akan dibangun di Jalan Landak dianggarkan Rp7.002.936.000 (Rp7 Miliar).

Darlis menyebut, saluran air disana pada dasarnya sudah tertutup. Tinggal membuat pedestrian di atasnya.

Sementara itu, untuk Sudirman Loop yang akan dibangun di Jalan Jenderal Sudirman anggaran Rp8.999.100, sama dengan yang akan dibangun di Landak.

Sudirman loop akan dibangun mulai dari Karebosi hingga Jalan Haji Bau.

Sudirman Loop dibangun secara bertahap karena cukup panjang. Selain itu, jalan Sudirman masuk jalan provinsi. Sehingga ia akan bersurat ke provinsi untuk memperlihatkan desain dan anggarannya.

Secara umum rancangan lebar pedestrian Sudirman Loop sekitar empat sampai lima meter yang memungkinkan lima sampai enam orang pejalan kaki bisa lewat.

“Saluran disana sekarang ada tiga meter tapi belum tertutup secara keseluruhan. Itu nanti kita tutup. Kurang jalur Pedestrian makanya ada beberapa koridor,” pungkas Darlis. (selfi/fajar)

  • Bagikan