5.000 Nelayan di Makassar Segera Dapat Bantuan

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, berkomitmen untuk mendorong produktivitas pangan demi meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

Keberadaan kelompok tani dan nelayan menjadi sangat penting. Maka DP2 Makassar bertekad membantu kelompok tani hingga nelayan di kota ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Evy Aprialti menegaska, salah satu program prioritas sesuai tupoksi DP2 Makassar adalah memberi bantuan kepada nelayan dan petani.

“Kita ketahui bersama nelayan ada 5 ribu lebih, mereka tergantung Pemerintah kota baik dari Kementrian maupun Pemda dan CSR. Kalau petani lewat lorong wisata juga bagaimana keuntungan masyarakat,” ujarnya, Minggu (23/1/2022).

Dengan bantuan maka memberdayakan usaha masyarakat di daratan maupun pulau. Sehingga dibutuhkan berbagai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun teknologi, agar sektor ini dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Apalagi sektor pertanian dan nelayan merupakan sub sektor yang menyentuh semua aspek mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi, pemerintahan hingga politik.

“Khusus nelayan kita kasi bantu sesuai kebutuhan kita lihat apa yang dia butuhkan seperti mesin pada kelompok nelayan, perahu dan alat penangkap ikan, jala dan jaring,” tuturnya.

“Dan untuk budidaya, kita kasih bibit lele, nila dan masyarakat baik itu holtikultura kita juga kasih sesuai program untuk meningkatkan perekonomian sekarang,” sambung dia menjelaskan.

Kegiatan lain, lanjut mantan Kadis Koperasi UMKM itu. Persiapan kedepan DP2 mempertajam program unggulan sesuai tupoksi apa yang telah di masukkan dalam program pemulihan ekonomi.

“Salah satu, kelompok tani kita tersebar di tujuh kecamatan, dominan Biringkanaya, Tamalate, Panakukan dan Manggala serta Tallo dan Panakukang. Yang jual hasil pertanian yang holtikultura dan pasar tani, ada promosi juga libatkan UKM kita seperti sayuran dibuat makanan dan lainya,” terangnya.

  • Bagikan