ITB Nobel Terapkan MBKM, Tambah Daftar Kampus Makassar Jalankan Program Mendikbud

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Untuk kali pertama di tahun 2022, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia akan menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Namun, sebelum diterapkan pihak kampus terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada Mahasiswa angkatan 2019 dan 2020.

Ketua Program Studi Akuntansi Nobel Indonesia, Karlina Ghazalah R berujar, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa soal MBKM di Nobel.

"Jadi MBKM akan dilaksanakan di semester 6 dengan dua skema, magang dan kewirausahaan," kata Karlina, di Ballroom Nobel Indonesia Institute, Jalan Sultan Alauddin, Selasa, 15 Februari 2022.

Lebih lanjut, kata dia, program ini sangat direkomendasikan kepada mahasiswa, sebab ini merupakan kesempatan yang langka karena bisa melakukan kegiatan diluar kampus dan dikonversikan sebanyak 20 SKS.

Sehingga, jika mahasiswa melakukan magang maupun memilih kewirausahaan setara dengan melakukan kuliah selama 1 semester.

Untuk persyaratan, sambung Karlina, Mahasiswa cukup mengisi formulir yang disiapkan, "Nanti kalau mahasiswa sudah fix mengikuti akan dimasukkan kedalam sistem, supaya mereka terdaftar di MBKM itu khusus di kampus. Jadi baik yg ikut di pemerintah maupun non pemerintah harus didaftar," lanjutnya.

Selain itu, ada dua program magang yang ditawarkan kepada Mahasiswa, yakni Magang Miko dan Magang Pemerintah.

Kata Karlina, Magang Miko merupakan magang yang dilaksanakan oleh Muamalat Institut di mana magang yang dilakukan bersifat daring. Sehingga Mahasiswa tak perlu datang ke kantor.

  • Bagikan