Sediakan Mantel, 14 Daerah Sulsel Potensi Hujan Lebat

  • Bagikan
Ilustrasi Hujan Lebat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- 14 daerah di Sulsel berpotensi hujat sedang hingga lebat, Jumat, 18 Februari 2022. Diharapkan masyarakat menyediakan jas hujan atau mantel.

Adapun 14 daerah tersebut meliputi, Kota Pare-pare, Soppeng, Bone selatan, Barru, Pangkep, Maros, Makassar.

Kemudian, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, dan Selayar.

Plt Kepala BMKG Makassar, Irwan Slamet mengungkapkan, hal itu dipicu MJO (Madden Julian Oscillation) aktif di kuadran 3 dan bergerak menuju kuadran 4 dan 5 (Maritime Continent).

"Selain itu anomali suhu muka laut di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Selayar, dan Teluk Bone bagian Selatan bernilai positif sehingga menambah massa uap air di wilayah Sulawesi Selatan,"katanya, Jumat, 18 Februari 2022.

Dia menambahkan, kelembaban udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb diprakirakan dalam kondisi basah (70 - 100 %).

Lebih lanjut, ada tiga perairan yang mencalai tinggi gelombang 2,5 meter. Meliputi, Perairan Spermonde Makassar, Perairan Kepulauan Selayar, dan Lau Flores.

Sementara, ada empat perairan yang tinggi gelombang mencapai 4 meter. Meliputi Selat Makassar Selatan, Perairan Pare-pare, Perairan Spermonde Pangkep, dan Teluk Bone Selatan.

Masyarakat dan pengguna transportasi air, laut, maupun udara diimbau untuk waspada atas potensi bencana. Baik berupa banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, keterlambatan penerbangan, dan meluapnya tambak budidaya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan