Samsat Torut Kembali Cari Kendaraan yang Belum Sahkan STNK

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, RANTEPAO – Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPTP) Wilayah Toraja Utara (Torut) bersama Satlantas Polresta Torut, dan Jasa Raharja Torut kembali turun ke jalan untuk mengingatkan masyarakat Torut agar membayar pajak kendaraan tepat waktu.

Mereka menggelar penertiban pajak kendaraan pada Rabu 13 April 2022 di Jalan Poros Rantepao-Palopo, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara.

Penertiban pajak kendaraan ini dipimpin Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Torut Iptu Philipus bersama Kepala UPT Torut Emmy Sakka Lebang.

Emmy mengatakan, penertiban dilakukan untuk mengingatkan wajib pajak agar membayar pajak kendaraan tepat waktu serta mematuhi aturan dalam mengendarai kendaraan.

Pada penertiban hari pertama petugas berhasil menemukan 22 unit kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) namun yang membayar hanya 14 unit senilai Rp 19.059.950 yang terdiri dari 5 unit kendaraan roda empat sebesar Rp 19.059.950 dan kendaraan roda dua sebanyak 9 unit senilai Rp 2.199.810.

Ia menambahkan, pajak yang dibayar tersebut akan dikembalikan ke masyarakat Torut dalam bentuk pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, dan lainnya.

Pada penertiban tersebut, petugas juga menginformasikan kepada wajib pajak terkait adanya pembebasan tarif progresif kendaraan mulai 2 Maret 2022-31 Desember 2022.

Pembebasan tarif progresif ini berlaku untuk kendaraan angkutan barang yang terdaftar atas nama pribadi seperti pick up, light truk, blind van, dan sejenisnya. Juga berlaku untuk proses kendaraan baru, kendaraan ulangan, mutasi masuk, mutasi keluar, dari dan dalam luar Provinsi Sulawesi Selatan.

  • Bagikan