Volume Kendaraan Meningkat, Malam Ini Diprediksi Puncak Arus Balik

  • Bagikan
Foto: Arini/Fajar

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Volume kendaraan selama libur lebaran diprediksi mengalami peningkatan dua kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas Polres Maros, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Abdul Malik mengatakan kalau volume kendaraan saat arus mudik dan arus balik ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal itu nampak dengan adanya perlambatan kendaraan lalu lintas beberapa hari ini.

"Kalau kita lihat volume kendaraan mengalami peningkatan dua kali lipat dibanding hari biasanya. Ya karena selain arus balik ini, juga banyak pengendara yang melintasi Maros saat hendak ke tempat wisata dan ke pusat perbelanjaan atau mall," katanya.

Tak hanya itu kata dia, kondisi lebar jalan di Kabupaten Maros yang hanya dua lajur tidak mampu menampung kendaraan yang volumenya meningkat selama libur lebaran ini.

"Jadi Kabupaten Maros itu daerah penyangga, sehingga semua kendaraan luar daerah yang sebelah utara dan sebelah selatan otomatis melewati Maros baik saat hendak kembali ke rumah maupun saat akan liburan makanya padat," jelasnya.

Meski demikian pihaknya sudah mengantisipasi hal itu dengan menempatkan anggota Satlantas dititik-titik rawan perlambatan.

"Kita juga dibantu Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan atau perlambatan saat arus mudik dan arus balik ini," katanya.

Untuk titik-titik perlambatan yang kerap terjadi kata dia di Jalan Poros Maros-Pangkep atau tepatnya di Jembatan Pute Desa Salenrang Kecamatan Bontoa.

"Jembatan Pute yang mengarah ke Pangkep itu kan rusak, sehingga kendaraan dialihkan ke jembatan sebelahnya. Sehingga pengendara dari arah Pangkep berpapasan dengan yang dari Maros. Makanya terjadi perlambatan karena satu lajur," ungkapnya.

  • Bagikan