Perubahan Balitbangda ke Brida Bakal Mendukung Konsep Metaverse Makassar

  • Bagikan
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Memasuki era metaverse, Balitbangda Kota Makassar sejalan dengan amanat pasal 66 Perpres 78 Tahun 2021 tentang BRIN, yakni bertransformasi menuju Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida). Ketika kedepan perubahan tersebut berjalan, maka konsep metaverse Makassar bakal mendapat dukungan baik.

Hal itu terjadi karena Brida Makassar ke depan dalam konteks tersebut akan mengintegrasikan riset dan inovasi. Terutama yang ada di seluruh OPD lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan dengan berubah ke Brida ke depannya maka riset dan inovasi OPD menjadi terpusat serta lebih adaptif dan responsif terhadap kemajuan teknologi.

"Karena akan menyediakan layanan ’New 3R&I’ atau New of Makassar Electronic Research and Innovation," kata Andi Bukti, Selasa, (10/05/2022).

Andi Bukti menjelaskan bahwa layanan tersebut merupakan sebuah platform baru yang menyediakan layanan riset dan inovasi berbasis virtual reality. Didalamnya terdapat berbagai fitur edukasi inklusif, fasilitasi HAKI dan paten, perizinan kelitbangan baik bagi peneliti lokal dan asing, fasilitasi inovasi, repository digital.

"Ke depannya dapat diakses oleh semua pihak di mana saja, kapan saja, dan up to date," tuturnya. (fajar)

  • Bagikan