Isu Anies-AHY di 2024, Demokrat Tunggu Parpol yang Deklarasikan Anies Sebagai Capres

  • Bagikan
AHY dan Anies Baswedan. Foto dok Partai Demokrat

Lebih lanjut, kata Syahrial, AHY sebagai Ketua Umum Partai yang termuda pemilik kursi di parlemen tidak sedikitpun memiliki hambatan komunikasi dengan Ketum parpol lainnya.

Ditambah lagi beberapa lembaga survei ternama selalu menempatkan posisi elektabilitas AHY di 5 besar. Baik di survei nasional maupun ketum parpol.
“Setidaknya ada 2 modal utama yang riil dari AHY” kata Syahrial.

Pertama, Ketum Partai Demokrat pemilik 54 kursi di Senayan. Kedua, elektabilitasnya cukup memadai untuk membuat perikatan. Di tambah beberapa nilai lebih lainnya.

“Ruang komunikasi para ketum parpol dengan Mas AHY juga lebih mudah dikerucutkan” ucapnya.
Skenario berikutnya, kata Syahrial, Partai Demokrat bisa membentuk koalisi dengan Nasdem, PKB, PKS, PAN dan PPP. Untuk membuat paket suara 20% agar bisa mengusung calon pada Pilpres 2024.

“Lagi-lagi dengan modal suara dan elektabilitas, Demokrat hanya akan mengajukan Mas AHY. Supaya menang, perlu diskusi yang cermat,” katanya.

“Koalisi lebih dari 2 parpol untuk menang, penuh tantangan dan kesabaran. Selain perlu hitungan cermat juga butuh kebijaksanaan. Apapun kondisinya, baiknya kebijaksanaan itu didasari perolehan suara dan elektabilitas, maka komunikasi jadi lebih enjoy. Dan AHY mampu membuatnya enjoy,” pungkas Syahrial. (fin/fajar)

  • Bagikan