Fakultas Kehutanan Unhas dan Bappenas Bahas Pengelolaan Sektor Kehutanan

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dekan Fakultas Kehutanan (FHut) Universitas Hasanuddin, Dr. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P. menerima kunjungan Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST., M.Sc.., di Ruang Rapat Senat Lantai 2 Fakultas Kehutanan, Selasa (17/5/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Dekan FHut didampingi oleh Wakil Dekan dan Ketua Departemen Kehutanan membahas dan mendiskusikan tentang isu-isu sektor kehutanan.

Dr. A. Mujetahid M., S.Hut., M.P. menyampaikan gambaran umum terkait aktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) Fakultas Kehutanan Unhas yang saat ini sedang melakukan produktivitas pengelolaan gula aren dan pengembangan lebah madu.

“Fakultas Kehutanan Unhas saat ini sedang melakukan persiapan akreditasi laboratorium pengelolaan lebah madu. Beberapa kerja sama nasional dan internasional yang dijalin Fakultas Kehutanan dengan lembaga internasional salah satunya kerjasama dengan University of San Diego,” jelas A. Mujetahid.

Dr. Nur Hygiawati Rahayu, ST., M.Sc. pada kesempatan tersebut membahas terkait sektor kehutanan itu sendiri, terkait bagaimana mengelola kehutanan pusat dan daerah. Selama masa pandemi Covid-19 banyak keterbatasan yang dialami oleh pemerintah pusat,” jelas Rahayu.

Lebih lanjut Nur Hygiawati Rahayu mengatakan bahwa perhutanan sosial di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sangat diperlukan adanya pendamping seperti penyuluhan. KLHK mempunyai anggaran untuk kolaborasi pemberdayaan masyarakat dan desa binaan menjadi salah satu indikatornya.

  • Bagikan