Dosen UNM Latih Siswa dan Guru untuk Memahami Pentingnya Literasi Numerasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, POLMAN -- Dalam rangka meningkatkan kecakapan dan kompetisi peserta didik dalam melakukan perencanaan dan pengolahan kegiatan yang baik serta memudahkan penafsiran terhadap data-data yang ada dalam kehidupan sehari-hari, dua dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), yakni Bobby Poerwanto, M.Si dan Asri Ismail, M.Pd. melaksanakan pengabdian berbentuk pelatihan.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu dilaksanakan di SMPN 1 Polman yang menghadirkan guru-guru dan siswa yang berlangsung sejak Maret hingga September mendatang.

Program PKM ini berawal dari sejumlah permasalahan yang dihadapi masyarakat di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), khususnya di sekolah. Permasalahan pokok tersebut, yaitu rendahnya indeks aktivitas literasi dan kurangnya akses sumber belajar yang menyenangkan.

Dalam pemaparannya, Bobby Poerwanto, M.Si menjelaskan Kabupaten Polman menjadi salah satu kabupaten sasaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi.

"Data Kemendikbud tahun 2019, menunjukkan bahwa indeks literasi Sulawesi Barat masih kategori rendah dengan data 32, 92 persen. Untuk itu diperlukan motivasi dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dan guru," terang Dosen Statistik UNM ini.

Peranan PKM ini menjadi salah satu strategi untuk terus meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa di tengah tuntutan arus globalisasi.

"Hari ini, sejumlah pekerjaan hadir begitu menjanjikan, salah satu yang paling penting adalah data analyst. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan di masa mendatang," tambahnya, Rabu (1/6).

  • Bagikan