107 Kepala SMA Jadi Saksi Penandatanganan MoU Unismuh Makassar dan Dinas Pendidikan Sulsel

  • Bagikan
Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Setiawan Aswad PhD dan Pelaksana Harian (Plh) Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Dr Abd Rakhim Nanda. (ikbal/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 107 Kepala SMA/Sederajat menjadi saksi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Setiawan Aswad PhD dan Pelaksana Harian (Plh) Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Dr Abd Rakhim Nanda.

Penandatanganan MoU yang drangkaian dengan acara silaturahmi tersebut, digelar di Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, Ahad, 19 Juni 2022. Kedua institusi tersebut sepakat berkolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Menurut penanggungjawab acara, sekaligus Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri, MoU dengan Dinas Pendidikan merupakan kerjasama pendahuluan sekaligus menjadi payung hukum sebelum penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Unismuh dengan 107 kepala SMA/sederajat.

“Insyaallah besok, dalam puncak peringatan Milad ke-59 Unismuh Makassar, 107 Kepala Sekolah akan menandatangani MoA,” ujarnya.

Menurut Andis, sapaan akrab WR II Unismuh itu, sekolah-sekolah yang diundang dibagi menjadi dua kategori. Pertama, 50 sekolah yang alumninya banyak melanjutkan kuliah di Unismuh. Sekolah tersebut telah diundang tahun lalu. Kedua, sekolah yang bersedia menjalin kemitraan dengan Unismuh.

Kerjasama yang dirancang tersebut, lanjutnya, merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi salah satu program utama Kemdikbudristek.

“Dalam Pedoman Kemdikbud, ada 8 kegiatan MBKM. Beberapa diantaranya dapat dikerjasamakan dengan pihak sekolah. Misalnya riset Bersama antara dosen, mahasiswa dan guru, dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Atau pelibatan mahasiswa dalam magang atau membantu guru mengajar di sekolah, dan berbagai kegiatan kolaborasi lainnya,” kataya.

  • Bagikan