KKNT Gelombang 108 Perhutanan Sosial Bone Posko 4 Siapkan 1.000 Bibit Produktif untuk Desa Rappa

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 108 Unhas Perhutanan Sosial Bone

Setelah mensosisalisasikan bibit tersebut kepada masyarakat Desa Rappa Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, maka peserta KKN Tematik Gelombang 108 UNHAS selanjutnya melakukan koordinasi dengan Dinas Kehutanan pada tanggal 15 Juli 2022, dalam hal ini pada Kesatuan Penyuluh Hutan (KPH) Ulu Bila.
Melalui penyuluh KPH yang ditemui, mahasiswa peserta KKN mendata beberapa bibit yang tersedia pada posko pembibitan KPH yang terletak di Desa Lemo Kecamatan Kajuara.

Data yang dikumpulkan mahasiswa pada posko pembibitan yaitu bibit yang tersedia hanya 3 jenis bibit tanaman dari total 5 permintaan bibit tanaman yang diajukan, yakni hanya terdapat rambutan, durian dan alpukat sedangkan kopi dan pala akan diadakan pada penganggaran berikutnya, kemudian dari data tersebut mahasiswa mengajukan proposal kembali pada tanggal 22 Juli 2022 pada kantor KPH Ulu Bila yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani Kabupaten Bone yang pada pengajuan ini proposal yang diajukan langsung di terima oleh kepala KPH.

Selanjutnya pada tanggal 23 Juli 2022 mahasiwa peserta KKN, melakukan pengambilan bibit pada posko bibit KPH Ulu Bila di Desal Emo Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Pada kegiatan ini, para mahasiswa langsung didampingi beberapa masyarakat Desa Rappa dengan total bibit yang di terima yakni masing masing 200 bibit rambutan, 200 bibit durian dan 200 bibit alpukat sehingga secara keseluruhan bibit yang diperoleh berjumlah 600 bibit, dan bibit yang diperoleh langsung diantarkan di Desa Rappa.

Setelah bibit sampai di Desa Rappa pada pukul 21.30 pada tanggal 23 Juli 2022, mahasiswa KKN langsung melakukan pendataan bibit dan bongkar muatan di rumah ketua penyadap karet bapak Muhamad Nur disertai dengan pengawasan oleh ketua Kelompok Tani Hutan Batu Ejae bapak Suardi.

  • Bagikan