KKNT Gelombang 108 Perhutanan Sosial Bone Posko 4 Siapkan 1.000 Bibit Produktif untuk Desa Rappa

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 108 Unhas Perhutanan Sosial Bone

Pada tanggal 25 Juli 2022, mahasiwa melakukan pembagian bibit dengan perincian 40 Kelompok Tani Hutan (KTH) di 2 dusun yakni Dusun 1 Rappa dan Dusun 2 Langkasi Desa Rappa, masing masing Kelompok Tani Hutan mendapatkan 15 bibit dengan perincian masing masing 5 bibit dari 3 macam bibit produktif alpukat, durian dan rambutan.

Pada pembagian ini para mahasiswa KKN didampingi langsung oleh ketua KTH Batu Ejae bapak Suardi yang turut membantu dalam mendistribusikan langsung bibit kepada KTH yang telah di data oleh mahasiswa.

Pada tanggal 26 Juli 2022 para mahasiswa bersama warga melakukan pembersihan lahan seluas 1 Ha milik bapak Herman sekaligus penanaman bersama yang dilakukan oleh Kelompok Posko 4 KKNT GEL 108 UNHAS bersama-sama aparatur desa yakni kepala desa, ketua Kelompok Tani Hutan Batu Ejae, kepala dusun, RT Dusun, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), serta siswa siswi SMP Desa Rappa.

Hal ini dilakukan mahasiwa KKN guna mengedukasi masyarakat dalam menjaga hutan dengan menanami tanaman penyangga dan produktif serta mensosialisasikan aturan perundang-undangan terbaru terkait hutan produksi yang dapat di kelola oleh masyarakat, kemudian mengedukasi sejak dini anak-anak sekolah untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem alam, sehingga dapat terhindar dari bencana alam baik lonsor dan banjir akibat kerusakan hutan.

Dalam kegiatan ini mahasiwa KKN selalu didampingi oleh kepala Desa Rappa, Busra yang selalu memberikan informasi terkait lahan, koordinasi ke KPH, serta pemantauan bibit yang tersedia pada posko bibit KPH di Desal Emo Kajuara.

  • Bagikan