Ketua KPU Kota Makassar: Pemilu 2019 Paling Efektif, Kita Belajar dari Situ

  • Bagikan
Ketua KPU Makassar, M Faridl Wajdi.

Fajar.co.id, Makassar -- Ketua KPU Kota Makassar, M. Faridl Wajdi mengatakan bahwa Pemilu tahun 2019 lalu terasa paling efektif yang pernah dilaksanakan di kota ini.

"Beberapa tahun sebelumnya, kita sudah melaksanakan Pemilu 2019 dengan kompleksitas kurang lebihnya, Alhamdulillah Pemilu 2019 adalah Pemilu yang rasa-rasanya paling efektif di Makassar," terangnya saat pembukaan Koordinasi dan Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Selasa (2/8/22) siang tadi.

Ia menyebutkan bahwa tidak ada satu pun Kabupaten/Kota yang memiliki pengalaman untuk mengendalikan itu. Ia juga berterimakasih kepada seluruh stakeholder yang berperan di Pemilu 2019 lalu.

"Alhamdulillah, Makassar atas dukungan semua stakeholder mau dari lingkup Forkopimda, TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Lembaga Penegak Hukum, Kejaksaan, Kepolisian kemudian Lembaga Pengadilan," ungkapnya.

"Alhamdulillah, Pemilu 2019 kita selesaikan dengan efektif. Ada beberapa catatan yang sudah kita lewati, termasuk di dalamnya adalah sengketa hasil. Dan alhamdulillah, sengketa hasil yang kita proyeksikan akan begitu panjang ternyata tidak begitu panjang," lanjutnya.

Hal itu dikarenakan, gugatan Parpol yang berkaitan dengan pemilihan anggota DPRD tingkat Provinsi pada akhirnya dicabut.

"Alhamdulillah, kami cukup percaya diri mengatakan Pemilu 2019 tanpa adanya satupun gugatan terkait hasil Pemilu di Kota Makassar," terangnya.

Untuk diketahui, sejak pendaftaran Parpol dibuka, Senin 1 Agustus kemarin. Sudah ada Parpol yang mendaftar berdasarkan rilis dari KPU.

  • Bagikan