Keutamaan Salat Dhuha, Baik Dikerjakan di Rumah atau Masjid

  • Bagikan
Ilustrasi Salat. (int)

FAJAR.CO.ID -- Ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat muslim dalam berlomba-lomba berbuat kebajikan. Misalnya salat. Selain salat lima waktu yang hukumnya wajib, ada juga beberapa salat sunnah. Salah satunya salat dhuha.

Salat dhuha yakni salat sunnah yang dapat dilakukan mulai dari terbitnya matahari hingga sebelum waktu salat zuhur.

Berbeda dengan salat sunnah lain yang secara umum dilaksanakan di rumah, salat dhuha sendiri lebih baik dilaksanakan di masjid. Apalagi dikerjakan setelah salat subuh. Menurut para ulama, melaksanakan salat sunnah dhuha di masjid, apalagi melaksanakannya setelah melaksanakan salat subuh berjemaah, lebih baik berbanding melaksanakan salat dhuha di rumah.

Namun begitu, tidak jarang seorang hamba mendapatkan uzur (halangan) sehingga tidak bisa melaksanakan salah dhuha di masjid. Sehingga hanya bisa melaksanakan di rumah.

Jika hal itu terjadi, jangan berkecil hati, Ustaz Adi Hidayat menuturkan, biasanya memang ada halangan yang tidak memungkinkan ke masjid. Unsur yang dimaknai di sini ada yang melekat pada perempuan dengan alasan yang ditoleransi oleh syariat. Jika hal itu terjadi, dalam banyak riwayat menyebutkan statusnya sama dengan salat yang ditunaikan di masjid.

Kalau laki-laki ke masjid, dan perempuan tidak bisa ke masjid dengan alasan yang ditoleransi syariat, itu tunaikan di rumah dan nilainya sama.

Soal apakah salat dhuha ini boleh dikerjakan berjemaah, Ustaz Adi Hidayat bilang, sebetulnya sifat dari salat sunnah ini sendirian, tapi pernah ada kasus nabi salat dhuha lalu beberapa orang ikut jadi makmum kepada nabi. Nabi tidak menegur dan memberi kode. Tetapi diteruskan sampai selesai.

  • Bagikan