Mudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Sulsel Mobile Masuk 10 Besar Inovasi Pemprov Sulsel

  • Bagikan
Kabid Teknologi dan Sistem Informasi Bapenda Sulsel, Andi Satriadi Sakka, S.Stp, MM, memaparkan aplikasi Bapenda Sulsel Mobile. (ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Aplikasi pembayaran pajak secara digital bernama Bapenda Sulsel Mobile buatan Bapenda Sulsel lolos 10 besar lomba inovasi lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel.

Kabid Teknologi dan Sistem Informasi Bapenda Sulsel, Andi Satriadi Sakka, S.Stp, MM, Selasa 11 November 2022, memaparkan inovasi tersebut pada dewan juri di Hotel Aston Makassar.

Menurutnya, Bapenda Sulsel sudah lama masuk ke dunia digital dengan berbagai aplikasi yang dibuat untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Namun baru pada tahun ini semua aplikasi tersebut disatukan dan diberi nama Bapenda Sulsel Mobile yang sudah dapat didownload di app store maupun di play store.

Hingga saat ini sudah ribuan orang yang mendownload aplikasi ini dengan fitur yang paling banyak digunakan yakni pengecekan tagihan pajak kendaraan.

Ia menjelaskan, dalam aplikasi ini wajib pajak bisa mengetahui jumlah tagihan pajak, layanan samsat terdekat, jumlah tagihan pajak kendaraan, dan masih banyak lagi.

“Melalui Bapenda Mobile, wajib pajak bisa membayar pajak kendaraan tanpa perlu mengunjungi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat),” katanya.

Selain aplikasi Bapenda Mobile, Samsat Sulsel juga menyediakan pembayaran melalui Indomaret, Tokopedia, dan GoPay Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran nontunai menggunakan mesin gesek atau QRIS yang ada di setiap kasir,” lanjutnya.

Selain Bapenda Sulsel, Sembilan OPD lainnya juga memaparkan inovasi yang mereka lakukan di depan tim juri.(rls)

  • Bagikan