Tokoh Pemuda Sulsel Berikan Motivasi kepada Santri Untuk Jadi Pengusaha

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tokoh pemuda Sulsel sekaligus pengusaha, dr Fadli Ananda SpOg MKes, memberikan motivasi kepada para santri untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha. Apalagi di era society 5.0, dimana masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial, dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0.

"Sekarang adalah era digital, dan jangan sampai era ini tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para santri. Santri harus belajar berwirausaha. Dan saya mengajak para santri, kita buat apapun itu, kita berkolaborasi di bidang kewirausahaan," kata Dokter Fadli Ananda, saat menjadi narasumber pada Dialog Santri yang diselenggarakan Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sulsel dalam Rangka Hari Santri 2022, di Warkop Bundu Jalan Aroeppala Makassar, Rabu, 19 Oktober 2022.

Para santri, kata Dokter Fadli Ananda, sudah memiliki modal besar untuk memulai usaha. Salah satunya adalah moderat dan toleransi. Sehingga, memudahkan untuk berkolaborasi dengan orang lain, lalu membentuk super tim untuk membuat sesuatu yang lebih besar.

"Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat bisnis plan. Keluar dari zona nyaman, dan jadilah santri entrepreneurship," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Indonesian Islamic Youth Economic Forum ini juga mengingatkan para santri agar memanfaatkan sosial media untuk hal-hal positif. Apalagi, sosial media saat ini dilengkapi dengan algoritma artificial intelegent, yang bisa berdampak pada polarisasi besar-besaran.

  • Bagikan