Jadi Tujuan SDGs, Akses Air Bersih dan Sanitasi Harus Diperhatikan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Subtainable Development Goals (SDGs) merupakan program internasional yang berisi 17 tujuan dengan 169 target pembangunan berkelanjutan pada tahun 2030.

Program ini telah disahkan sejak 25 September 2015 dalam lingkup sosial, ekonomi dan lingkungan.

Salah-satu poin yang menjadi tujuan SDGs ini dalam sektor lingkungan yakni memastikan masyarakat dapat mengakses secara universal air bersih dan sanitasi.

Air bersih adalah kebutuhan dasar manusia. Untuk itu, program pembangunan berkelanjutan ini menjadikan air bersih dan sanitasi harus bisa dijangkau oleh semua orang.

Dalam tulisan A. Jihan Asyura Aprilyani Amri, S.Tr.Kes mahasiswa program Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin menuliskan bahwa fokus utama ketersediaan pangan, air bersih serta energi adalah dasar kehidupan.

"Fokus utama ada pada ketersediaan pangan, air bersih, dan energi yang merupakan dasar dari kehidupan," tulisnya pada (18/11/2022).

Lebih lanjut dalam tulisannya, perubahan paling penting dalam konsumsi berkelanjutan perlu didorong dengan adanya teknologi, inovasi, desain produk dan sebagainya.

"Perubahan yang paling penting dalam konsumsi berkelanjutan dan produksi akan didorong oleh teknologi, inovasi, desain produk , pedoman kebijakan yang terperinci, pendidikan, dan perubahan perilaku," lanjutnya.

Untuk mencapai target di tahun 2030, dinyatakan panel mengusung dua belas Universal Goals dan Nasional Terget.

Adaoun targetnya untuk menyerukan kepada negara-negara dalam 'Mencapai Universal dalam Sektor Air Minum dan Sanitasi'.

  • Bagikan