Cegah Anemia dan Stunting, Ratusan Siswi SMPN 4 Masamba Ikuti Simulasi Layanan Inovasi Kapsul Indah

  • Bagikan

“Banyak yang malas mengonsumsi tablet tambah darah, sehingga itulah yang melatarbelakangi kami mengintervensinya dengan pemberian tablet tambah darah dan mengedukasinya supaya konsumsi tablet tambah darah juga tidak ada masalah,” kata Yayuk.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan remaja putri akan manfaat tablet tambah darah bagi tubuh. “Mungkin karena tidak kenal atau tidak tahu manfaatnya, sehingga belum termotivasi untuk mengonsumsinya secara teratur,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa tablet tambah darah mengandung zat besi yang fungsinya membantu pembentukan hemoglobin yang kemudian berfungsi mengikat oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh, termasuk otak dan organ reproduksi.

“Kalau kita kekurangan hemoglobin atau anemia, maka akan banyak kerugian yang dirasakan, seperti lemah, letih, lesu, loyo, dan lunglai. Jadi, jangan menunggu sampai ada gejala,” ucapnya mengingatkan.

Ia juga mengingatkan bahwa remaja putri adalah aset bangsa, sekaligus generasi yang nantinya produktif di usia 20 tahun ke atas yang akan berkiprah pada cita-cita masing-masing untuk menyumbangkan pemikiran dan tenaganya bagi bangsa. Juga sebagai aset yang akan melahirkan generasi yang berkualitas.

“Kita mau menghilangkan anemia dimulai dari remaja, supaya organ reproduksi dari anak-anakku sekalian, sejak dini sudah dalam kondisi sehat, sehingga nanti dapat melahirkan generasi penerus yang juga sehat. Dan itu tidak bisa dengan sim salabim, prosesnya panjang, harus disiapkan dari sekarang,” terangnya.

  • Bagikan