Parpol Utamakan Kader Milenial yang Memiliki Terobosan di Pileg

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah partai politik mulai memetakan komposisi bakal calon legislatif (Bacaleg) pada Pileg 2024 mendatang.

Itu dibarengi dengan penguatan infrastruktur mesin pemenangan partai hingga tingkat terendah.

Khusus Sulawesi Selatan, seperti Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, partai Gerindra.

Dalam pemetaan komposisi Bacaleg lebih mengutamakan kader ketimbang figur eksternal.

Ketua Bappilu Partai Demokrat Sulsel, Andi Januar Jaury mengatakan, animo figur eksternal yang ingin mengendarai partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono di Pileg cukup besar.

Namun pihaknya fokus terhadap kader sendiri dan perekrutan figur potensial.

"Hampir sama dengan partai lain. Sampai saat ini kualifikasi Partai Demokrat yang diutamakan itu kader, kedua mantan kepala daerah, mantan pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda," kata Januar, Jumat (13/1/2023).

Anggota DPRD Sulsel itu mengatakan, untuk perekrutan figur dari kalangan milenial berjalan normatif. Sebab pihaknya juga melihat potensi figur milenial, misalnya konsep apa yang ditawarkan.

"Berbicara milenial, apa yang ingin kita jual? Karna umur? Yang terjadi sekarang hanya karena umur diidentikkan dengan milenial," katanya.

"Tapi apakah dia memiliki konsep. Kita berharap Demokrat menjadi minat para generasi gen Z. Hanya saja Demokrat lebih presisi dengan konsep calon Milenial tersebut , bukan hanya pendekatan umur saja," jelasnya melanjutkan.

Sementara Wakil Ketua PAN Sulsel, Usman Lonta mengaku, komposisi Bacaleg partai besutan Zulkifli Hasan ini sudah Mencapai 80 persen di seluruh tingkatan. Dalam komposisi tersebut pihaknya mengutamakan kader internal.

  • Bagikan