Susanti Sanong Guru Takalar Lolos Bimtek Bahan Ajar BIPA di Sulsel

  • Bagikan
Susanti Sanong

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Setelah melalui seleksi berkas dan tulisan, 30 pendaftar dinyatakan lolos mengikuti bimtek penulisan bahan ajar BIPA tahun 2023.

Peserta yang lolos tersebut berasal dari berbagai kalangan yaitu, dosen, guru, mahasiswa dan juga penggiat BIPA yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Susanti, S. Pd., salah satu guru bahasa Indonesia asal UPT. SMP Negeri 1 Takalar juga berkesempatan ikut dalam bimbingan teknis yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Ibis Style Makassar selama 4 hari, dari tanggal 14-17 Mei 2023.

Para peserta bimtek dilatih untuk menyusun bahan ajar sesuai SKL yang terdapat dalam Permendikbud nomor 27 tahun 2017.

Penyusunan bahan ajar dimulai dengan membagi peserta dalam 10 tim penyusun sesuai topik bahan ajar, yaitu tim kapurung, tongkonan, ganrang bulo, sayyang patuddu, baju bodo, maccera arajang, mappadendang, baju pokko, pisang ijo, dan rumah adat Balla Lompoa.  

Yang menarik dari kegiatan bimtek ini, semua kalangan mulai dari mahasiswa, guru, penggiat BIPA dan dosen bisa duduk bersama, berdiskusi alot tentang tulisan yang dibuat masing-masing.

Pelaksana kegiatan inipun menghadirkan pakar BIPA sebagai narasumber, yaitu Dr. Inrianti Lewa Pengajar BIPA Pusat Bahasa Universitas Hasanuddin, Dr. Ery Iswari, M. Hum. ketua APPBIPA, Ismail Sangkala, M. Pd. praktisi bahasa dan Nurlela Jum, S. S., M. Pd. Direktur Sekolah Bahasa Bolasugi yang begitu teliti dan kritis melihat setiap kata dan kalimat yang disusun oleh peserta.

  • Bagikan