HBK Serap Aspirasi Pembangunan Infrastruktur Desa di Gowa

  • Bagikan
Hamka B Kady

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Anggota DPR RI Hamka B Kady menyisir dua desa sekaligus di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (1/6/2023).

Titik pertama mengunjungi Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattalassang. Di desa ini Politisi Golkar dari Dapil Sulsel I itu bersua dan berdialog langsung dengan ratusan warga, tokoh masyarakat dan perangkat yang hadir.

Awalnya Hamka menjelaskan terkait tugas dan fungsi wakil rakyat di DPR RI. Mulai dari fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.

"Pertama adalah fungsi anggaran DPR dilaksanakan untuk membahas serta memberikan persetujuan atau tidak, terhadap rancangan undang-undang mengenai APBN yang diajukan presiden," jelasnya.

Kedua Fungsi pengawasan DPR dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan undang-undang, APBN, serta segala kebijakan pemerintah.

Kemudian Fungsi Legislasi dimana DPR punya kewenangan menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas) serta menyusun dan membahas Rancangan Undang-Undang (RUU).

Warga lantas menyampaikan sejumlah aspirasinya mulai dari kelanjutan program P3TGAI yang telah dikerjakan ditahun 2021.

Permintaan bantuan peternakan berupa kambing atau ayam. Serta berharap dibangun saluran di jalan poros pattalassang, bendungan sailong berupa pintu air.

Anggota Komisi V ini memaparkan, untuk bantuan P3TGAI akan dilanjutkan setiap tahun, untuk ploting lokasinya nanti dikondisikan.

Sementara untuk permintaan kambing, dia akan mencoba berkoordinasi ke komisi IV agar bisa diprogramkan aspirasi tersebut.

"Untuk anggaran drainase itu harusnya ada karena pembangunan jalan itu harus ikut drainasenya tapi untuk jalan poros Pattalassang karna masuk kewenangan pemerintah provinsi maka saya tidak tahu seperti apa kondisinya. Nanti saya tanya dulu ketua DPRD Provinsi untuk menanyakan bagaimna kondisinya," paparnya.

  • Bagikan