Pj Gubernur Bantiar Serius Tingkatkan Produksi Ternak, Inseminasi Buatan Dilakukan di Sidrap dan Barru

  • Bagikan
Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR —Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menunjukkan keseriusannya meningkatkan produksi ternak di Sulsel melalui Inseminasi Buatan (IB).

Setelah dilakukan di beberapa daerah di Sulsel, IB gratis untuk para peternak juga menyasar Kabupaten Sidrap dan Barru.

Di Kabupaten Sidrap, IB dilakukan di Kelurahan Baru Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Selasa, 20 Februari 2024. Juga dibagikan disenfektan dan vitamin kepada para peternak.

Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Sidrap, Haris Alamin menjelaskan, melalui inseminasi buatan dan pelayanan kesehatan, pendapatan peternak diyakini meningkat.

Sapi yang dipelihara selama 6 bulan, sudah bisa dijual dengan harga Rp10 juta. Apalagi, jika didukung dengan program Inseminasi Buatan yang sekarang ini dimasifkan oleh Pemprov Sulsel.

"Program ini dapat membantu para peternak dalam meningkatkan ekonomi dan mempercepat perkembangbiakan ternak sapi," ujarnya.

"Inseminasi buatan ini berkat support dari Pemerintah Provinsi Sulsel, yang memiliki perhatian lebih terhadap peternak, khususnya di Kabupaten Sidrap," sambungnya.

Sementara di Kabupaten Barru, IB menyasar peternak di Desa Lampoko, Kecamatan Bulusu. Inseminasi buatan dilakukan terhadap sapi Bali sebanyak 33 ekor untuk tahap pertama, kemudian tahap kedua kurang lebih 30 ekor juga.

Petugas Inseminator Kabupaten Barru, Hariyanto, menjelaskan, proses inseminasi buatan ini untuk percepatan kelahiran anak sapi, mendapatkan keturunan yang unggul di faktor genetika.

"Untuk yang kita IB sekarang ini dalam keadaan birahi, yang ada di dalam kotak ini ada 13, kemudian di sebelahnya ada sekitar 20 ekor. Sebentar kita IB kembali lagi," jelasnya, seraya menunjukkan sapi-sapi yang menjalani IB. (selfi/fajar)

  • Bagikan