Rutan Makassar Luncurkan RUSA SIAGA, Siap Antar Warga Binaan Jika Bebas

  • Bagikan
Terobosan baru dari Rutan Klas I Makassar berupa Rutan Satu Siap Antar Warga Binaan (RUTAN SIAGA).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sebuah terobosan baru datang dari Rutan Klas I Makassar, berupa Rutan Satu Siap Antar Warga Binaan (RUTAN SIAGA).

Kepala Rutan Kelas I Makassar, Jayadi Kusumah mengatakan, itu merupakan suatu terobosan luar biasa dengan sebuah inovasi baru.

Dikatakan Jayadi, RUSA SIAGA merupakan langkah revolusioner untuk meningkatkan pelayanan publik.

"Manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh warga binaan yang telah menyelesaikan masa hukumannya hingga keluarganya," ujar Jayadi kepada awak media, Senin (4/3/2024) malam.

Jayadi bilang, program ini tidak hanya tentang pengantaran fisik, melainkan juga memberikan dukungan emosional.

“Kehadiran petugas kami dalam RUSA Siaga bukan sekadar pengemudi, tetapi juga pendamping," ucapnya.

"Kami ingin memberikan dukungan dan memastikan bahwa warga binaan merasa didukung dan diterima kembali di masyarakat,” sambung dia.

Lanjut Jayadi, kemudahan transportasi yang diberikan oleh RUSA SIAGA diharapkan dapat mengurangi beban psikologis warga binaan yang baru saja bebas.

“Dengan pengantaran dari kantor Balai Pemasyarakatan hingga ke rumah, diharapkan proses reintegrasi warga binaan ke dalam masyarakat dapat berjalan lebih lancar,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas, Rustanto, memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas peluncuran inovasi tersebut.

“Inovasi ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi warga binaan, tetapi juga mencerminkan semangat Zona Integritas untuk mencapai pelayanan publik yang berkualitas dan berintegritas," kata Rustanto.

  • Bagikan