Butuh Keamanan dan Kenyamanan, Komunitas Sepeda Minta Jalur Khusus

Rabu, 1 Juli 2020 10:54
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh selama masa pandemi Covid-19 meningkat.

Mulai dari menggunakan masker ketika keluar rumah, membawa hand sanitizer, mengonsumsi makanan bergizi, hingga berolahraga. Salah satu olahraga yang makin digandrungi yakni olahraga sepeda.

Sebelumnya tren gowes di Makassar sudah mencuat namun kembali. Terlebih setelah adanya anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk berolahraga selama 30 menit di tengah pandemi Virus Corona.

Namun dalam bersepeda, keamanan dan kenyamanan pesepeda tentu menjadi hal yang harus diprioritaskan. Terlebih saat ini tren bersepeda tidak hanya menyangkiti usia remaja hingga dewasa namun pesepeda pemula seperti anak-anak juga mulai ikut menikmati tren gowes.

Sekjen Sepeda Lipat Makassar (SLIM) Kaka Babo meminta agar pemerintah bisa lebih memperhatikan jalur khusus pesepeda di Kota Makassar.

“Pemerintah diharapkan ada jalur sepeda yang lebih aman, serta sosialisasi kepada pengendara khususnya pesepeda. Lebih mengiatkan serta mencanangkan gerakan bersepeda khususnya ke kantor dan tempat-tempat lainnya,” ucapnya kepada Fajar.co.id.

Maraknya komunitas pesepeda baru yang muncul di Kota Makassar mulai kompleks perumahan hingga berdasarkan merek tentu menambah daftar tugas pemerintah dalam memperhatikan infrastruktur pesepeda.

Selain itu Babo juga mengimbau kepada seluruh pesepeda khususnya pesepeda pemula agar memahami pengguna jalan lainnya.

“Khususnya ini yang pesepeda pemula itu juga harus memperhatikan hak-hak pengguna jalan lain. Bukan hanya pesepda yang harus dimengerti, tapi juga ha orang lain misalnya saja ketika bersepeda harus dipinggir, dan mengutamakan keselamatan menggunakan helm dan sarung tangan,” tutupnya. (anti/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI