Hati-hati Pembesaran Payudara pada Anak Laki-laki

Selasa, 7 Juli 2020 13:01
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembesaran payudara pada laki-laki bisa dialami sejak bayi. Jika melihat petanda itu, jangan dibiarkan.

Spesialis Anak Siloam Hospitals Makassar, Dr. dr. Bob Wahyudin, SpAK, CIMI mengatakan, membesarnya payudara pada jenis kelamin laki-laki itu adalah abnormal. Namanya ginekomastia, dan dominan ditemukan pada bayi, anak-anak, dan laki-laki dewasa.

Kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan. Alasannya, hal tersebut bisa jadi petanda ganguan fatal di hati dan ginjal. Bahkan bisa karena adanya tumor, sehingga sekecil apa pun perkembangannya perlu diperiksakan langsung.

Namun demikian, hingga saat ini untuk bayi masih lebih dominan karena hormonal. Kadar hormon ibu yang tinggi saat hamil dan menyusui, juga karena gangguan hormon tiroid, hormon seks, dan lainnya.

Untuk anak-nak usia sepuluh atau lebih, dominan karena keadaan puberitas. Namun tetap harus diperiksakan ke dokter secepatnya, tapi jangan panik. “Biasanya kalau diakibatkan oleh kadar hormon ibu yang tinggi atau puberitas,biasanya akan mengecil dengan sendirinya,” ujarnya kepada FAJAR, Minggu, 5 Juli.

Meski demikian, saat pemeriksaan, hormon harus tetap dicek, walaupun bukan hormon penyebab utamanya. Sebab, letak ganguan hormonnya harus diketahui, karena kondisi seperti itu bisa saja ada gangguan hormon di bagian otak juga.

Hal senada disampaikan, Spesialis Anak RSIA Paramount, dr. Ivonne Friska Tiwow, SpA. Kata dia, penyebab lain dari ginekomastia karena gizi buruk atau karena asupan gizi anak yang kurang baik. Selain itu, kondisi itu juga bisa karena pengaruh obesitas ataupun pengaruh besar dari obat-obatan. “Untuk obat-obatan, seperti antibiotik, steroid, dan kemoterapi,” tuturnya. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI