Program KKN Pulang Kampung, Unifa Libatkan Mahasiswa Tangani Covid-19 di Daerah

Sabtu, 18 Juli 2020 13:03
Belum ada gambar

Pembekalan KKN Pulang Kampung Unifa.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 350 mahasiswa Universitas Fajar (Unifa) mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung. Rencananya, KKN ini dimulai 27 Juli 2020 selama 45 hari dengan tema “Mengabdi untuk Kampung dalam Tantangan Pandemi Covid-19”.

Deputi Bidang Akademik dan Kerja Sama Unifa Nur Khaerat Nur menyebutkan, KKN kali ini sangat berbeda dari biasanya akibat pandemi Virus corona. Mahasiswa diminta tanggap dan responsif terhadap penanganan penyebaran Covid-19.

“Pada KKN kali ini, kita meminta masalahnya untuk lebih tanggap dalam menangani penyebaran Virus Corona di daerahnya masing-masing. Mereka harus menjadi relawan Satgas Covid-19 di daerahnya,” kata Khaerat dalam pembekalan supervisor KKN Unifa, Sabtu (18/7/2020).

Ketua Lembaga Pengambangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unifa Habib Muhammad Shahib menambahkan, tugas mahasiswa KKN antara lain membuat alat pelindung diri (APD) untuk penanganan Covid-19 seperti masker atau hand sanitizer. Bukan itu saja, mahasiswa harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penanganan Covid.

“Mahasiswa setidaknya harus mampu membuat APD dan mengedukasi masyarakat bagaimana menangani penyebaran Covid. Bisa juga dengan membantu penyemprotan disinfektan di daerah masing-masing,” jelas Habib.

Oleh karena itu, supervisor KKN yang terdiri dari dosen diminta agar bisa mendampingi mahasiswa dengan baik agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai program.

Koordinator KKN Unifa Muh Yusuf Ali menyebutkan ada banyak program yang menjadi tugas mahasiswa. Makanya perlu pendampingan yang terarah agar pelaksanaan kegiatan dalam program tersebut sukses dilaksanakan.(isman/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI