Dukung Pembelajaran Daring, Disdik Makassar Bakal Pinjamkan Tablet ke Siswa Kurang Mampu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pembelajaran via daring bagi siswa SD dan SMP masih terus berlangsung di Kota Makassar. Hal itu sudah berlangsung sekitar lima bulan belakangan akibat pandemi covid 19.

Agar tidak menimbulkan kerumunan, siswa harus belajar dari rumah masing masing. Akibatnya, siswa dituntut memiliki perangkat untuk mendukung pembelajaran daring seperti laptop atau minimal hp canggih.

Nyatanya, tidak semua orang tua siswa memiliki benda canggih tersebut. Untuk itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makasar akan memfasilitasi siswa yang kurang mampu dengan meminjamkan tablet kepada mereka.

Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan, program tersebut sudah ada berjalan dari tahun lalu. Dananya diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi.

"Ada dana bos afirmasi. Mudah-mudahan semua yang dapat dana bos afirmasi berupa tablet itu bisa kita distribusikan kepada mereka. Tahun kemarin diadakan beberapa sekolah yang dapat. Untuk saat ini sementara kita data berapa jumlahnya. Mudah-mudahan itu bisa mencover. Kita bagi, berapa sekolah yang memang sudah ada datanya, sampai saat ini sudah 4500 siswa untuk sekolah SD dan SMP Negeri yang tidak memiliki fasilitas itu," ujarnya Selasa (4/8/2020).

Terkait mekanisme pembagian, kata Amalia, akan dibuatkan berita acara peminjaman terlebih dahulu sebelum disalurkan kepada pihak sekolah. Selanjutnya pihak sekolah yang akan membagikan kepada siswa yang sudah terdata.

"Nanti kita buatkan berita acara, mereka yang nanti bertanggung jawab, sekolah yang dapat, nanti kita berika berita acara peminjaman kepada mereka. Tapi kalau itu hilang berarti menjadi tanggung jawabnya siswa, tapi kalau rusak tidak ada masalah. Mudah-mudahan bisa digunakan semaksimal mungkin," papar Amalia.

  • Bagikan