Jelajah Generasi Selesai, Opab Gempa Makassar Kukuhkan Anggota Baru

Senin, 7 September 2020 21:08
Belum ada gambar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Organisasi Petualangan Alam Bebas Generasi Muda Pecinta Alam Makassar (OPAB Gempa Makassar) sukses mengukuhkan 10 anggota baru angkatan ke XI atau yang disebut Prabu XI pada hari Minggu (6/9/20) di Dusun Tanah Kulang, Desa Bontokassi, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa.

Dengan mengusung tema Jelajah Generasi, Muh Muchlis Kudo selaku Ketua Umum OPAB Gempa Makassar menuturkan setiap organisasi perlu memiliki regenerasi agar dapat mencetak kader masa depan yang tentunya akan memiliki jiwa yang mumpuni.

Kegiatan perekrutan yang telah berlangsung sejak Agustus tersebut, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan mulai dari latihan fisik, pemberian materi indoor, pengecekan kesehatan hingga terjun langsung ke lapangan untuk mengikuti masa orientasi lapangan selama 5 hari terhitung sejak tanggal 2-6 September 2020 kemarin.

Semua kegiatan tersebut wajib dilalui oleh peserta sebagai syarat untuk dikukuhkan menjadi anggota tetap Prabu XI. Tahap akhir dari kegiatan tersebut yakni mengikuti masa orientasi lapangan untuk mempraktekkan secara langsung materi yang didapatkan selama indoor.

“Jadi saat orientasi lapangan, seluruh peserta wajib mengaplikasikan materi yang diterima pada saat di ruangan seperti manajemen perjalanan, navigasi darat, survival, mountaineering, dan lainnya” ungkap Rauf Musadat selaku Master of Training OPAB Gempa Makassar.

Diketahui, masa orientasi lapangan sangat penting diketahui oleh seluruh peserta demi menghindari terjadinya kecelakaan pada saat melakukan pendakian. Selain itu, seluruh peserta juga diajarkan untuk survive di alam bebas ketika tersesat.

Proses pengukuhan pun ditandai dengan penyerahan slayer berwarna biru sebagai simbol telah lulus melalui seluruh rangkaian kegiatan perekrutan dan telah ditetapkan sebagai anggota Prabu XI. (Sitti Aisyah Nur Khalifah/Mahasiswi Magang UIM)

Komentar

VIDEO TERKINI