Bantu Korban Gempa, Kolaborasi FKG Unhas, RSGMP Unhas, PABMI dan Yayasan CCC Sumbang Alat Kesehatan

Kamis, 21 Januari 2021 17:35

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat (Mamuju dan Majene) menjadi sorotan nasional, tidak terkecuali Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai implementasi Unhas Humaniversity memberikan bantuan untuk para korban.

Kali ini, Fakultas kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) berkolaborasi dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unhas, Persatuan Ahli Bedah Mulut (PABMI) dan Yayasan Celebes Cleft Center (CCC) menggalang bantuan bersama-sama memberikan bantuan kepada korban gempa Sulbar.

Tim ini dipimpin langsung oleh Direktur RSGMP Unhas yang juga sebagai ketua PABMI Wilayah Sulawesi drg. A. Tajrin. didampingi oleh Ketua PDGI Cab. Majene drg. Idhan Khalid. Turut hadir pula dalam rombongan drg. Rahmat, drg. Husnul dan drg.Hidayat.

“Atas restu Rektor Unhas Prof. Dr. Dwi Aries Tina Pulubuh, MA., rombongan tim ini dilepas oleh Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes.,Ph.D., Sp.BM (K) di pelataran FKG Unhas,”ucap drg. Tajrin , Rabu (20/1/2021).

Ia menambahkan kegiatan serupa buka kali ini dilakukan. Sudah sering jika terjadi bencana yang melanda tanah air. Kali ini bantuan difokuskan ke alat kesehatan.

“Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan jika terjadi bencana di Indonesia. Kali ini karena pandemi covid-19, kami fokus pada bantuan alat dan bahan kesehatan yang sangat kurang dilokasi bencana di antaranya Hazmat, pakeann operasi, masker N95, masker bedah, masker kain, boot, Nurse Cap, Handscoon dan face shield,” jelas drg. Tajrin

“Alat dan bahan kesehatan tersebut nantinya digunakan untuk melakukan operasi dan memastikan pelayanan yang diberikan oleh Tim Kesehatan tetap aman dari Virus covid-19,”tambahnya.

Bantuan diterima langsung oleh direktur RS. Regional Sulawesi Barat dr. Indah Nursyamsi didampingi oleh Ketua Tim Relawan Kesehatan yang juga Guru Besar Ilmu Bedah Unhas Prof. Idrus A Paturusi dan Kepala Kamar Operasi RS Regional Sulawesi Barat drg. Zaitun Sumule.

Komentar

VIDEO TERKINI