Pelatihan Mendaley Digelar untuk Mahasiswa Pascasarjana dan S1 STIK Tamalatea

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar menggelar Pelatihan Mendelay bagi mahasiswa program pascasarjana dan Strata 1 Minggu (24/1/2021).

Mendeley sendiri adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book dan referrensi lainnya, sekaligus membantu menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online.

Pada kesempatan tersebut Ketua STIK TM, Dr. Rahmawati SKM, MSi, saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa pelatihan mendeley ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas output mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah.

"Akan ada pelatihan berikutnya berupa platihan penulisan dan submit artikel ilmiah di jurnal bereputasi. Jadi harapannya, dengan pelatihan ini, mahasiswa baik S1 maupun S2, tidak saja memberikan kontribusi menghasilkan karya berupa tesis dan skripsi, tapi bagaimana ada peningkatan karya tulisnya yang berkualitas yang dapat dipublikasi di jurnal nasional dan internasional," kata Rahmawati.

Sebagai pemateri, Sukirno Kasau memaparkan bahwa keuntungan belajar mendeley dapat melatih keterampilan mahasiswa pasca dan S1 dalam hal mensitasi artikel ilmiah dengan sumber yang jelas dan mengatur pustaka dan bodynote secara otomatis menggunakan mendeley desktop sehingga artikel terbebas dari plagiarisme.

"Dalam pelatihan ada banyak yang diajarkan, mulai dari buat akun, instal mendeley desktopnya, menambah artikel kedalam mendeley, lakukan sitasi, hingga berkolaborasi dengan group," jelasnya.(rls)

  • Bagikan