Kunjungan Wisatawan ke Makassar Rendah, Dr. Etik Sarankan Marketing Mix 7P

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mencetak Doktor bidang Ilmu Manajemen. Gelar ini diberikan oleh Dr. Etik Prihatin pada Kamis kemarin (11/2/2021)

Ujian promosi ini berlangsung via daring dengan tajuk "Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Kunjungan Kembali Wisatawan pada Destinasi Wisata di Makassar".

Berdasarkan hasil penelitian Dr. Etik menunjukkan bahwa bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kunjungan kembali wisatawan ke Kota Makassar.

"Untuk meningkatkan bauran pariwisata, maka pengelola pariwisata harus memprioritaskan adanya marketing mix yang terdiri dari 7P, produk (product), promosi (promotion), harga (price), tempat (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan proses (process)," tutur Dr. Etik.

Dosen Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI, Dr. Etik menyebut, perlu meningkatkan kualitas pelayanan seperti membangun fasilitas dan sarana prasarana sebagai akses menuju destinasi wisata di Kota Makassar.

Lebih jauh, ini berharap hasil penelitiannya bisa menjadi acuan untuk penulis berikutnya, sehingga ada temuan-temuan baru di bidang pemasaran pariwisata.

Ujian secara daring ini turut dihadiri keluarga promovendus dan berdasarkan hasil sidang Dr. Etik Prihatin dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan para senior dan juga institusi UMI. Kuliah di UMI banyak sistem yang mempermudah mahasiswa dan ukhuwahnya sangat kuat," pungkasnya.

  • Bagikan