KPK Minta APIP Kawal Ketat Proyek Strategis di Sulsel

Rabu, 17 Maret 2021 19:14

Kepala Satgas Korsupgah KPK Wilayah IV, Niken Ariaty. (Selfi/fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kepala Satgas Korsupgah KPK Wilayah IV, Niken Ariaty mengatakan, pihaknya telah meminta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk mengawal proyek strategis di Sulawesi Selatan.

Niken menegaskan, perlu ada evaluasi kembali bagi setiap pengadaan barang dan jasa yang ada saat ini. “Kita minta list proyek-proyek startegisnya untuk dilakukan review mulai dari Harga Barang/Jasa (HPS) kemudian perlu dilakukan audit,” kata Niken, ketika berkunjung di Kantor Gubernur, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu, (17/3/2021).

Selain itu, menurutnya paket-paket yang akan dilelang tahun ini juga perlu direview kembali. “Begitu juga dengan paket-paket di bawah 250 – 200. Kita juga minta list-nya dari semua Pemda untuk konsolidasi pengadaan,” imbuh Niken.

Ia menjelaskan, saat ini Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah berkomitmen untuk menindaklanjuti rekomendasi dari KPK.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel, Arman Sahri Harahap menegaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan melalui dua peran.

“(Melalui, red) assurance, itu berarti penjaminan mutu melalui audit review dan seterusnya. Yang kedua, memberikan jasa konsultasi terkait dengan tata kelola manajemen resiko. Kita akan teruskan,” jelas Arman Sahri Harahap. (mg10/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI