Pemkot Makassar akan Uji Coba 10 Alat GeNose C19

Jumat, 2 April 2021 19:53

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– GeNose C19 telah hadir di Makassar. Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto telah mendatangkan 10 alat GeNose C19.

Rencananya 10 alat tersebut akan mulai di uji cobakan di Balaikota. Penemu GeNose C19 juga akan hadir secara langsung memperkuhatkan cara pakai dan cara kerjanya. Rabu, 7 April

Perwakilan produk GeNose C19 Sulawesi dari PT . SAN, Muh Darwis mengatakan sebelum memakai alat tersebut, ada beberapa syarat yang harus dijalankan. Yakni harus puasa makan dan merokok selama 10 menit sampai setengah jam. Kemudian tidak diperbolehkan memakai parfum.

Kata Darwis, caranya makai GeNose C19 yakni hembusan nafas akan ditiupkan ke alat sebuah plastik yang telah disiapkan. Setelah itu dimasukkan ke alat. Setelah dua menit, hasilnya akan kelihatan

“Jadi hasilnya akan keluar berupa data dan foto orang yang diperiksan kemudian ada barcode sehingga susah untuk dipalsukan,”ucapnya, Jumat, 2 April.

Kata Darwis, 10 alat GeNose tersebut akan disebar ke beberapa puskesmas yang ada di Makassar. Selain Makassar, beberapa kabupaten juga sudah siap memesan. Tak ketinggalan Universitas Hasanuddin juga berencana memesan GeNose.

“GNose memang tergolong murah jika ingin dijadikan sebagai alat tes Covid-19, pasalnya harganya yang cukup ramah kemasyarakat. Sampai saat ini tercatat sekali pemeriksaan GNose hanya mengeluarkan Rp40.000,” ucapnya.

Beberapa penemu yang akan hadir dari UGM dalam uji coba GNose yakni Eko Wahyu Prasetyo, Thaufa Nugroho, Amelia Indi dan Yolenta Ivana Putri.Selain itu ada Rahmayanti, Ismail Basuik dan Fitri Nayanto.

Kemudian ada Tim Operator GNose ada Bayu, Ahmad dan Wahyu Adi. Tak ketinggalan Inventor GNose yakni dr Dian Kusumapramudya dan Eko Fajar Nurprasetyo. Serta Project Leader GNose dr Mochammad Isnaini.(wis)

Komentar

VIDEO TERKINI