Dorong Mahasiswa Kuasai Bidang Keilmuan, Teknik Kimia Unibos Gelar Lokakarya Kurikulum

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Penyusunan kurikulum sangat diperlukan untuk pencapaian proses pendidikan, untuk itu Program Studi Teknik Kimia Universitas Bosowa (Unibos) gelar Lokakarya Kurikulum di Aula Balla Lompoa III Hotel Harper, Kamis-Jumat (10-11/06/21).

Kegiatan ini digelar dalam rangka pengembangan dan implementasi program pemerintah Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Ketua Prodi Teknik Kimia Unibos M. Tang, S.T., M.T menjelaskan, pengembangan kurikulum yang dilakukan di Prodi Teknik Kimia mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan kebijakan MBKM.

“Program MBKM bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa, untuk memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya” ungkapnya.

Dia menambahkan, kurikulum merupakan aspek sentral dalam proses pembelajaran, untuk itu sangat diperlukan upaya simultan secara berkala agar kurikulum dapat didesain sesuai perkembangan zaman.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ridwan, S.T., M.T juga menjelaskan, penyusunan kurikulum dimaksudkan untuk membantu pengelola pendidikan tinggi dalam memenuhi harapan dari seluruh stakeholders pendidikan tinggi.

“Kurikulum merupakan keseluruhan rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi pada sistem pendidikan tinggi,” jelasnya.

Sekretaris Unibos Dr. Ir. Hadijah Mahyuddin, M.Si menuturkan, kunci keberhasilan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan kebijakan ini adalah adanya kurikulum yang adaptif dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

  • Bagikan