Salman Subakat: Entrepreneurship Menciptakan Sesuatu yang Baru

Kamis, 29 Juli 2021 01:27

Salman Subakat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Entrepreneurship atau kewirausahaan tidak tumbuh sendiri. Salah satu cirinya, pendobrak dengan menciptakan sesuatu baru.

Hal itu diungkapkan CEO PT Paragon Technology and Innovation, Salman Subakat, saat memberikan materi dalam Fellowship Jurnalisme Pendidikan Batch 2 yang digagas Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP).

Menurut pria kelahiran 20 Juli 1980 ini, diakui dari populasi karyawannya tidak semuanya memiliki semangat entrepreneurship.

Kendati demikian, ada perbedaan mencolok dari mereka yang memiliki semangat tersebut dengan yang tidak. “Yang memiliki semangat entrepreneurship dan tidak, itu memang berbeda,” jelasnya.

Di sisi lain, bebernya, semangat kewirausahaan bisa ditumbuhkan dan diajarkan. Makanya, jelas Salman Subakat, ada kuliah entrepreneurship.

“Dan terbukti yang membangun Paragon sebetulnya karyawan yang memiliki entrepreneurship,” bebernya.

Salman Subakat merinci, dalam pengalaman sehari-harinya memimpin perusahan kosmetik dengan jumlah karyawan 10 ribu lebih dan yang melahirkan kosmetik Wardah, Make Over, hingga Emina ini, karyawan yang memiliki jiwa entrepreneurship, di antaranya sangat termotivasi, fokus, berani beda, unik, dan tidak takut apa kata orang, serta tidak gengsi.

Selain itu, tambah dia, senang bekerja keras, pendobrak dengan menciptakan sesuatu baru dan saat krisis memberikan solusi unik. Entrepreneurship tidak pernah sendiri, kalau ada orang yang jiwa entrepreneurship tetap saja harus dibantu oleh profesional yang solid dengan etos kerja yang tinggi.

Pria lulusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) menambahkan, entrepreneurship banyak samanya dengan profesional yang baik.

“Kita jangan terjebak bahwa entrepreneurship itu harus unik, kemana-mana tidak disiplin, entrepreneurship justru disiplin, tetapi memang mereka tadi punya cita cita atau punya value, mereka enjoy dengan apa yang dikerjakan, akibatnya company tumbuh jauh lebih cepat,” bebernya.

Komentar

VIDEO TERKINI