Performa UMKM Rendah Selama Pandemi, Jurusan Administrasi Niaga PNUP Lakukan Ini

Jumat, 6 Agustus 2021 19:01

IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah menyebabkan rendahnya performa UMKM di Kota Makassar.

Sebagai wujud kontribusi untuk menaikkan performa UMKM, tim pengabdian Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kegiatan pengabdian bekerja sama dengan usaha mikro Jamurku pada tanggal 2 Juli 2021.

Usaha Jamurku merupakan usaha yang dirintis oleh Ibu Ayuni dibidang pembudidayaan jamur tiram yang berlokasi di wilayah Antang.

Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melaksanakan satu poin tridharma yang menjadi kewajiban dosen. Sedangkan manfaat yang diharapkan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan peningkatan pengetahuan dari aspek keuangan, pemasaran, rencana bisnis, dan administrasi pesuratan bagi pemilik bisnis Jamurku.

Dalam sambutanya, Adam Rasid, S.Sos, M.Si., selaku Ketua Jurusan Administrasi Niaga mengharapkan semoga materi yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini ilmunya dapat dimanfaatkan dengan baik bagi pemilik usaha Jamurku. Selanjutnya, Adam Rasid juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan dua kali yakni pertemuan pertama ialah pemberian materi, sedangkan pertemuan kedua berupa pendampingan langsung.

Dalam kegiatan pengabdian ini, materi pelatihan yang disampaikan adalah biaya produksi, laporan keuangan, kas kecil oleh Dr. Sumatriani, S.E., M.Si.Ak.

Materi pelatihan kedua tentang rencana bisnis dan pemasaran online yang disampaikan oleh Ahmadi Usman, S.E., M.App.I&E.

Materi terakhir menyangkut surat bisnis yang disampaikan oleh Dra. Asima, M.Si.

Selama pemberian materi, para peserta antusias memperhatikan penjelasan pemateri dan aktif memberikan pertanyaan. (rls)

Komentar

VIDEO TERKINI