Pilrek Unhas 2021: Pertarungan Dirjen vs Dekan

Rabu, 18 Agustus 2021 14:04

Prof Parida P, Dekan Fakultas Hukum.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sudah empat figur mendaftar calon Rektor Unhas. Kemungkinan, masih akan ada kandidat lain menyusul.

Prof Abd Kadir dan Prof Farida Farida Patittingi mendaftar, Senin, 16 Agustus. Keduanya mendatangi Panitia Pemilihan Rektor (P2R) Unhas di Sekretariat P2R, Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas.

Kadir didampingi beberapa sejawat, keluarga, dan tim pendukung. Saat ini, Kadir menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara Farida saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Unhas. Saat mendaftar, Farida didampingi beberapa guru besar Fakultas Hukum Unhas, senator, dan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), serta mahasiswa.

Masing-masing memiliki visi dan misi dalam memajukan Unhas. Kadir percaya diri dengan kapasitas dan jam terbangnya di dalam maupun di luar Unhas.

Sebaliknya, Farida yakin dengan gagasan dan program prioritasnya yang bakal mengendepankan Unhas yang inovatif, kolaboratif dan adaptif pada era digitalisasi ini. Seperti mengembangkan akademik enterpreneurship.

Kadir mengatakan, sebagai dosen Unhas dirinya merasa terpanggil untuk menjadi rektor. Apalagi, ia selama ini sudah mengabdi selama 32 tahun.

“Ibarat petarung, saya ini sudah banyak bertarung di luar Unhas. Itu adalah modal besar buat saya untuk kembali ke Unhas dengan kekuatan yang dimiliki,” kata Kadir kepada FAJAR, usai mendaftar.

Prof Abdul Kadir

Harapan Kadir ke depan, Unhas harus merakyat, menghasilkan lulusan yang diperlukan masyarakat. Sebab, masih ada gap antara lulusan dengan lapangan kerja.

“Ini terbukti, jumlah lulusan kita; bukan cuma di Unhas, tapi di Indonesia; yang terserap dalam dunia kerja itu sekitar 10,18 persen. Kemudian terbukti lembaga riset, 60,25 persen kualifikasi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan lulusan PT tidak sesuai,” jelasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI